PERINGATAN 10 MUHARRAM DI PONPES AL MINA

(Berita) 

Penulis         : Shinta Khumairoh

Penyunting  : Isna Aulia Asromah


          Peringatan 10 Muharram dilaksanakan semalam di ponpes Al Mina. Kegiatan tersebut di peringati di masjid Al Huda pada hari Jumat malam,28 Agustus 2020. Kegiatan yang di mulai pada pukul 18:30 itu diisi oleh abah K.H Anas Anwar selaku pengasuh pondok pesantren Al Mina. Pada malam itu dihadiri juga oleh beberapa masyarakat di sekitar masjid Al Huda. Setiap warga yang berdatang membawa makanan berupa nasi dan lauk seperti ikan, ayam, mie goreng, dan kerupuk, tak lupa buah juga seperti pisang dan jeruk. Makanan yang di bawa oleh warga dari rumah akan diberikan kepada seluruh warga dan santri ponpes  Al Mina yang menghadiri acara tersebut. 

                                        Sumber: Dokumentasi ponpes Al Mina

        Acara semalam diawali dengan muqodimah, ceramah singkat yang disampaikan oleh abah K.H Anas Anwar, membaca tahlil bersama-sama, disambung dengan doa, kemudian salat isya berjamaah, dilanjutkan pembagian makanan yang dibawa oleh warga. Setelah selesai pembagian makanan para santri makan bersama, dan warga pulang ke rumah masing-masing. Selain memperingati 10 Muharram di ponpes Al Mina, kegiatan itu juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antara warga ponpes Al Mina dan warga sekitar. Diharapkan dengan memperingati 10 Muharram antara warga ponpes Al Mina dan warga sekitar bersama akan semakin mempererat tali silaturahmi maupun persaudaraan antara warga ponpes Al Mina dan warga sekitar.

     Kegiatan yang diikuti oleh santriwan dan santriwati semalam berjalan dengan lancar dan hikmat. Semua santri dan warga yang mengikuti acara larut dalam ke khusyukan. Bacaan tahlil yang dipimpin abah K.H Anas Anwar kemudian diikuti oleh semua jamaah yang begitu antusias mengikuti bacaan. Dari kegiatan semalam abah K.H Anas Anwar menyampaikan pesan dari ceramah singkatnya yaitu "Puasa Muharram telah menjadi tradisi sejak Nabi Adam a.s dari tanggal satu dan sepuluh Muharram. Puasa yang dilaksanakan oleh Nabi Adam a.s itu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan ampunanNya. Mari kita pada esok hari bersama-sama menunaikan puasa sunah Asyura untuk mendekatkan diri juga kepada Allah SWT." Itulah salah satu pesan dan ajakan dari abah K.H Anas Anwar untuk semua jamaah yang mengikuti acara peringatan 10 Muharram semalam.

         

Komentar

Postingan Populer