Meningkatkan Kecerdasan Otak Dengan Membaca Al Qur'an

 ( Artikel )

Penulis            : Ana Hina Lailatul Nikmat

Penyunting     :   Elif Nurista

          Al Qur'an  merupakan firman -firman Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhamad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Firman-firman Allah SWT tersebut bertujuan untuk menjadi pedoman bagi umat islam. Kitab yang bernama lain Al Furqan ini berisi tentang larangan dan perintah Allah SWT agar bisa menuntun manusia ke jalan yang lurus. Bagi siapapun yang membaca firman-firman Allah ini akan diberikan imbalan berupa pahala setiap hurufnya. Selain itu, dengan membacanya kita akan memperoleh ketenangan dan penyembuh hati. Al Qur'an bukan saja bermanfaat untuk mendapatkan pahala ataupun untuk mendapatkan ketenangan hati saat membacanya tetapi juga memiliki manfaat lain salah satunya ialah dapat meningkatkan kecerdasan otak.    

          Otak tersusun dari sejumlah jaringan pendukung dan miliaran sel saraf yang saling terhubung. Organ ini merupakan alat untuk merekam semua kejadian yang seseorang lakukan. Jika seseorang membaca Al Qur'an maka akan meningkatkan kecerdasan ke dalam otaknya. Hal itu disebabkan karena firman-firman Allah SWT yang terdapat pada Al Qur'an sangat bermanfaat bagi otak saat kita melantukan bacaan-bacaan suci tersebut. Menurut hasil penelitian ternyata membaca Al Qur'an setelah waktu subuh dan maghrib dapat meningkatkan kecerdasan otak hingga 80%. Hal tersebut diketahui dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu dokter ahli jiwa. Dalam membaca Al Quran terdapat tiga aktifitas sekaligus yaitu membaca, melihat dan mendengar. Tentu saja dari ketiga kegiatan ini memiliki pengaruh yang baik bagi organ-organ tubuh tak terkucuali otak itu sendiri. 

                       Sumber: dokumentasi ponpes Al Mina

        Umat islam dianjurkan untuk rajin dalam membaca Al Quran. Dengan membaca Al Quran akan didapat berbagai macam manfaat. Sebuah penelitian lain menyatakan bahwa suara yang paling  berpengaruh kuat terhadap sel-sel tubuh adalah suara si pemilik tubuh itu sendiri. Maka, jika pemilik tubuh melantunkan bacaan-bacaan Al Quran tentu saja hanya pengaruh yang baik yang akan ada di sel-sel yang dimilikinya. Selain itu, dalam membaca Al-Qur'an kita memerlukan konsentrasi dan fokus yang tinggi sehingga bisa mempertajam daya ingat otak kita. Penelitian yang dilakukan di universitas Salford, Inggris, para ahli menemukan bahwa peserta penelitian yang membaca Al-Qur'an menjadi lebih rileks dan tenang dibandingkan dengan peserta yang hanya membaca buku biasa. Rasa rileks dan tenang yang didapat dari membaca Al Quran akan berdampak juga ke otak karena otak akan terhindar dari rasa depresi atau stres yang disebabkan dari berbagai macam hal, sehingga kinerja otak akan lebih maksimal. Para ahli itu juga mengemukakan bahwa mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-Qur'an dapat menenangkan hati sekalipun orang yang mendengarnya tidak mengetahui arti atau maksud dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.

       Ayat-ayat Al-Qur'an yang dilantunkan bisa menjadi nutrisi bagi otak yang merupakan salah satu organ paling berharga bagi manusia. Bahkan mungkin bisa mencegah dari penyakit yang menyerang syaraf otak. Berdasarkan berbagai penelitian diatas sudah terbukti bahwa membaca Al Quran tidak hanya bermanfaat bagi rohani saja tetapi dapat meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karena itu marilah kita memperbanyak membaca Al Quran, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar kita selamat dunia dan akhirat. Aamiin. 


Komentar

Postingan Populer