Mempersiapkan Diri Menghadapi Hari Akhir

(Artikel)

Penulis     : Isnaini Maulidiah 

Penyuting : Naya Nabilatul Inayah

            Nama lain hari akhir adalah hari kiamat. Hari kiamat merupakan rukun iman yang ke 6. Hari akhir hari dimana  kehidupan di dunia akan berakhir. Sudah di jelaskan dalam Al-Quran surat Al Qariah, ketika hari akhir terjadi maka manusia bagaikan laron yang berterbangan dan gunung gunung seperti bulu yang di hambur-hamburan. Pada saat hari kiamat itu terjadi, semua orang lupa dengan temanya, sahabatnya bahkan lupa dengan keluarganya sendiri.

            Tanda tanda hari kiamat pun kini sudah banyak yang terlihat di antaranya adalah :

1.Wanita menutup aurat tapi telanjang

2.Kaum wanita lebih banyak daripada kaum pria.

3.Wanita ingin jadi laki-laki,dan laki -laki ingin jadi wanita.

4.Perang nuklir.

5.Pandemi.

6.Adanya kaum LGBT.

7.Fitnah dunia.

8. Mengeringnya sungai Eufrat

Adapun tanda tanda kiamat yang belum terjadi adalah :

1.Munculnya dukhan (kabut tebal selama 40 hari 40 malam)

2.Munculnya dajjal.

3.Munculnya dabbah (hewan melata  berbicara)

4.Munculnya nabi Isa dan ImamMahdi.

5.Terbitnya matahari dari barat.

6.Adanya 3 gerhana di timur.

7.Adanya gerhana di barat.

8.Adanya gerhana di Jazirah Arab.

9.Adanya api yang muncul di zaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Tanda-Tanda Sudah Ada, Benarkah Kiamat Akan Datang Pada Hari Jumat?

    Dengan kepastian hari akhir yang pasti akan terjadi kita harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Cara mempersiapkan diri beberapa diantaranya adalah pertama kita harus rajin beribadah, dengan rajin beribadah kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kedua Fastabiqul khairat, merupakan berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, dengan berbuat kebaikan kita dapat menambah pahala dan tidak menyianyiakan kesempatan yang Allah SWT berikan dengan sia-sia. Ketiga banyak berdoa agar dilindungi dan diselamatkan dari berbagai macam keburukan dunia di hari akhir. Keempat  membaca Al Quran, karena di hari kiamat Al Quran akan menjadi pembela bagi pembacanya. Kelima memperbanya sholawat kepada nabi Muhammad SAW, sebab di salah satu hadits Rasulullah menyebutkan bahwa mereka yang gemar bersalawat kepada nabi akan mendapat syafaat (kemudahan/pertolongan) di hari kiamat.

    Beberapa cara mempersiapkan diri untuk menghadapi hari akhir telah kita ketahui dari penjelasan di atas. Tentu kita semua mengharapkan keselamatan dari Allah SWT. Dalam menghadapi hari akhir yang akan datang, maka dari itu marilah kita menjalankan cara-cara yang sudah tertera di atas, agar kita selamat dari pedihnya kiamat nanti. Kelak ketika kita menghadap Allah SWT.kita hanya sendiri dan harta benda maupun kekayaanpun tidak akan berguna. Hanya amal dan ibadahlah yang diterima oleh Allah SWT.



Komentar

Postingan Populer